,

Sosialisasi Tugas Akhir: Rancang Bangun Bisnis, Skripsi, dan Magang

Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia mengadakan “Sosialisasi Tugas Akhir” untuk membantu mahasiswa dalam menentukan bentuk tugas akhir yang sesuai dengan minat masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui platform media zoom dan dihadiri oleh seluruh mahasiswa Prodi Manajemen. (26/08)

Dalam kegiatan ini terdapat tiga topik pembahasan pada sosialisasi tugas akhir yaitu Rancang Bangun Bisnis, Tugas Akhir Skripsi dan Tugas Akhir Magang. Sesi pertama diawali dengan penjelasan materi Rancang Bangun Bisnis (RBB) yang dibawakan oleh Bagus Panuntun, SE., MBA. Kemudian untuk sesi yang kedua penjelasan materi Tugas Akhir Skripsi dibawakan oleh Abdur Rafik., SE., M.Sc. dan sesi terakhir pemaparan materi Tugas Akhir Magang dibawakan oleh Istyakara Muslichah, SE., MBA.

Pada pemaparan materi Sosialisasi Tugas Akhir Rancang Bangun Bisnis, Bagus Panuntun menjelaskan, “Pada kurikulum 2021, di prodi Manajemen ada satu profil lulusan yaitu wirausaha mikro dan kecil, sehingga apabila teman-teman yang nanti ingin mengambil tugas akhir RBB harapannya dari prodi adalah teman-teman akan dapat berwirausaha mikro dan kecil.” Lebih lanjut, Bagus Panuntun juga menuturkan, “Pada kurikulum sebelumnya tugas akhir ditempuh hanya selama 6 bulan atau 1 semester tetapi dengan adanya kurikulum Kampus Merdeka maka masa tugas akhir bisa mencapai 4 semester.”

Pada sesi kedua materi Tugas Akhir Skripsi, Abdur Rafik menjelaskan tujuan dari skripsi agar melatih mahasiswa untuk mengidentifikasi permasalahan dan menemukan jawaban atas masalah tersebut, lalu menuliskan rangkaian prosesnya secara sistematis dengan menggunakan kaidah-kaidah ilmiah. “Ada hal-hal tertentu yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan. Pertama yang perlu dilakukan yaitu pikirkan dan tentukan topik sejak awal, pilih topik yang menantang tapi realistis, kemudian  perbanyak membaca dan brainstorming, tentukan timeline personal dan jadikan acuan lalu konsultasikan kesulitan apapun ke dosen pembimbing. Dan yang jangan dilakukan yaitu jangan menunda-nunda menulis walaupun sedikit, jangan malas dan jangan datang ke dosen pembimbing hanya pada saat-saat kritis,” ujar Abdur Rafik

Sesi terakhir pada kegiatan ini yaitu Sosialisasi Tugas Akhir Magang. Tugas akhir ini ditunjukkan untuk mahasiswa yang ingin mengambil jalur Manajer. Kriteria Instansi Magang Tugas Akhir yaitu memiliki situasi kerja yang mendukung untuk membahas topik yang menjadi minat mahasiswa, kemudian instansi dapat berbentuk organisasi swasta yang berbadan hukum atau organisasi pemerintah minimal pada tingkat kabupaten/kotamadya. Mahasiswa harus menunjukkan bukti bahwa instansi atau perusahaan dalam UKM tertentu yang dituju membuka kesempatan magang bagi mahasiswa. (DEL/EL)