CSR BPD DIY Syariah ‘Pengembangan Wirausaha Muda’

Universitas Islam Indonesia (UII) sangat mendukung adanya para wirausahawan muda muslim dengan membuat sebuah wadah bagi para mahasiswa yaitu Inkubasi Bisnis Mahasiswa UII (IBISMA UII). IBISMA sendiri merupakan wadah bagi para mahasiswa yang sudah memiliki bisnis atau baru memulai bisnis dengan program inkubasi yang berlangsung selama satu tahun.

IBISMA UII memiliki banyak kerjasama dengan para stakeholder dalam pengembangan program-programnya. Salah satu yang menjadi partner kerjasama IBISMA UII adalah Bank BPD DIY Syariah. Dalam kerjasamanya UII dan Bank BPD DIY Syariah sama-sama memfokuskan diri dalam bidang wirausaha muda muslim. Dalam acara pertemuan serah terima program CSR yang dilakukan pada Kamis, (25/01) di Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof. Sardjito UII lantai 2.

Acara CSR ini dibuka dengan sambutan dari Dr. Drs. Nur Feriyanto, M.Si. selaku Wakil Rektor II, mengucapkan terima kasih banyak atas apresiasi yang diberikan Bank BPD Syariah DIY dalam mendukung program pembinaan kewirausahaan mahasiswa di UII melalui pemberian dana hibah CSR ini. Mudah-mudahan dapat membantu para mahasiswa agar dapat mengembangkan usaha mereka

Ir. Agus Taufiq, M.Sc. selaku Wakil Rektor III, juga berpesan bahwa tenant IBISMA UII yang mendapat dana hibah agar mampu memanfaatkan dana tersebut sebagai stimukus untuk lebih mengembangkan bisnis yang dirintis dan berharap kerjasama antara UII dan Bank BPD Syariah DIY dapat lebih sinergis dan kedepannya makin banyak program-program yang bias direalisasikan utamanya terkait dengan upaya untuk mencetak wirausahawan muda dari kalangan mahasiswa.

Kepala cabang Bank BPD DIY Syariah, Saifudidin Anshori berpesan “Jadilah wirausahawan muslim, pertama jujur, kedua etos kerja yang tinggi, ketiga kalo sudah berhasil jangan lupa zakatnya, keempat jangan melupakan kampus, dosen, dan pihak-pihak yang telah membantu”.

Pemberian dana hibah ini diikuti lebih dari 100 pendaftar dengan penyeleksian ketat dari tim Bank BPD DIY Syariah. Beberapa entrepreneur muda dari Fakultas Ekonomi (FE) sendiri ikut berpartisipasi, diwakili oleh Aditya Anwar Nasrul (Menejemen 2014, Sahabat Susu) , Qodri (Ilmu Ekonomi 2014, Sahabat Travel), Lia Andarista (Akuntansi 2014, Dendeng Raden), dan Adji Setia Adi ( Menejemen 2015, Gandiwa Pomade). Agil Ramadhan (Akuntansi 2014, Ramein.id)

Dari hasil pemilihan dan seleksi yang dilakukan oleh tim Bank BPD DIY Syariah terpilih 5 tim bisnis dari IBISMA UII yang berhasil mendapatkan dana tersebut yaitu Sahabat Susu (FE), Sahabat Travel Planner (FE), Dendeng Raden (FE), Rebound Apparel (FH), Pomade Gandiwa (FE). Dari hasil dana yang disalurkan diharapkan akan menjadi pemicu untuk kemajuan bisnis para mahasiswa dan bisa menjadi pemacu semangat dalam pengembangan kewirausaan muda muslim yang ada di Indonesia.