,

Berkomitmen untuk Menebar Manfaat, FBE UII Mengusung Prodi Ilmu Manajemen Program Doktor

Sebagai salah satu perguruan tinggi Islam di Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia (UII) berkomitmen untuk menebarkan manfaat dan memberi pilihan dalam berpendidikan bagi anak bangsa yang tentunya berpedoman pada nilai-nilai islami. Sejalan dengan hal tersebut, UII bersama salah satu fakultasnya, yakni Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) mengusung program studi baru yaitu Program Studi Ilmu Manajemen Program Doktor yang kemudian dibahas dalam kegiatan visitasi, Jumat (22/10).

Dalam usahanya untuk terus menebarkan manfaat, ada beberapa hal yang menjadi capaian bagi pelaksanaan program studi baru. “Pendidikan ini berpedoman pada nilai-nilai teguh yang dianut oleh Universitas Islam Indonesia dan menyediakan resources yang baik untuk bangsa. Selama ini, segala usaha telah diupayakan, mulai dari pendidikan dan pelatihan dengan skala yang lebih baik,” ujar Drs. Suwarsono Muhammad, M.A., Ketua Umum Badan Waqaf UII. 

Dalam pemaparannya, Muafi menjelaskan beberapa fokus utama yang akan menjadi keunikan dan keunggulan Program Studi Ilmu Manajemen Program Doktor yaitu seperti pengembangan keilmuan, kajian capaian pembelajaran dan kurikulum program studi sejenis. Dalam keterangan lebih lanjut, dijabarkan pula keunikan prodi baru ini yaitu unggul dalam keilmuan, berwawasan global dan islami. “Kami juga menetapkan karakteristik lulusan Prodi Ilmu Manajemen Program Doktor, diantaranya yakni dewasa, profesional, bijak, dan sederhana,” tambahnya. “Jurusan akan berfokus pada pengembangan dosen. Sedangkan Program studi akan fokus pada pengembangan pendidikan untuk pembelajaran mahasiswa,” lengkapnya.

Dalam upayanya untuk mengusung prodi baru ini, FBE UII juga telah melakukan studi banding dengan tiga program studi sejenis secara daring, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Sultan Agung (Unissula), dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dengan berbagai pertimbangan yang sesuai arah serta visi dan misi FBE UII. “Adanya kendala dan halangan seperti pandemi saat ini bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan studi banding,” tuturnya.

Muafi kembali melengkapi terkait profil lulusan yang ingin dicapai dari Program Studi Ilmu Manajemen Program Doktor ini. “Profil lulusan yang ingin dicapai adalah Insan Ulil Albab yang berkepribadian islami, berpengetahuan integratif, berkepemimpinan progresif, dan berketerampilan transformatif,” pungkasnya. (FSR/HAN)